Cara Reset iPhone: Hapus Semua Data & Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Reset merupakan langkah ekstrim yang dilakukan untuk kebutuhan yang urgent atau darurat. Pada iPhone maupun smartphone lainnya, reset dilakukan saat hp error, lupa kode masuk, atau ketika mau menjual iPhone, kamu bisa lebih praktis menerapkan cara reset iphone dari pada menghapus data milikmu satu persatu.

Mengembalikan ke settingan pabrik berarti semua data yang tersimpan di storage ponsel maupun setting yang sudah kamu ubah akan terhapus dan dikembalikan ke settingan awal. Dengan demikian, iPhone berubah ke kondisi awalnya. Langkah apa saja yang diperlukan dalam cara reset iPhone?

Cara Reset

Sebelum menerapkan reset, ada baiknya kamu tau 2 jenis reset yang bisa dilakukan di iPhone, yaitu soft reset dan hard reset. Cara soft reset sangat mudah dan tidak akan menghapus data, sementara hard reset berakibat semu data dan setting akan terhapus secara permanen, yang menghasilkan kondisi hp kembali ke semula.  

Mari kita bahas satu persatu.

Cara Soft Reset iPhone

Soft reset juga disebut sebagai reboot. Jadi cara reset iphone ini sebenarnya dilakukan dengan tujuan memulihkan iPhone yang sedang error, berhenti berfungsi, atau hang. Soft reset iphone tidak perlu mengotak-atik program dalam iphone seperti, iTunes. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol “Power” dan “Home” secara bersamaan dan tahan hingga layar ponsel mati, biasanya sekitar 10 detik.
  2. Lepas kedua tombol, kemudian tunggu beberapa saat hingga logo Apple muncul di layar.
  3. Setelah itu kamu cuma perlu menunggu hingga proses reboot selesai dan iPhone siap dipakai lagi. Prosedur ini adalah proses reboot standar di smart phone.
Cara Soft Reset iPhone

Cara Hard Reset iPhone

Cara reset iPhone selanjutnya, yakni hard reset atau disebut juga sebagai factory reset, adalah proses reset iPhone menyeluruh. Sebelum hard reset, sebaiknya kamu backup terlebih dahulu data-data penting karena semua data akan hilang permanen dan kondisi iPhone akan kembali ke saat pertama kali dihidupkan.

Untuk back up ini, sebaiknya gunakan aplikasi iCloud dan iTunes, karena backup di iPhone tidak segampang backup di Android, yang tinggal dilakukan copy-paste saja. Kalo semua data yang ingin diselamatkan sudah aman, berikut langkah-langkah hard reset iPhone yang perlu dilakukan:

1. Buka menu “Settings”.

Cara Hard Reset iPhone Step 1

2. Pilih menu “General”, lalu tap “Reset”.

Cara Hard Reset iPhone Step 2

3. Di menu Reset, pilih opsi “Erase All Content and Settings”, tap hingga muncul kotak peringatan yang memberitau bahwa data yang akan hilang jika iPhone direset.

Cara Hard Reset iPhone Step 3

4. Masukkan Apple ID kamu sebagai konfirmasi.

5. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Cara Reset iPhone menggunakan iTunes

Selain 2 cara reset tadi, iPhone juga menyediakan cara reset melalui aplikasi iTunes di komputer. Berikut langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Hubungkan komputer dengan iPhone menggunakan kabel USB.

2. Jalankan aplikasi iTunes di komputer.

3. Jika diminta, klik “Trust This Computer” dan memasukkan passcode mu.

Reset itunes Step 3jpg

4. Pilih perangkat iPhone kamu.

iTunes Reset Step 4

5. Masuk ke menu “Summary”, pilih dan tap “Pulihkan perangkat”, lalu klik sekali lagi untuk konfirmasi.

iTunes Reset Step 5

6. Tunggu proses hingga selesai. Kemudian perangkat kamu akan kembali ke settingan pabrik dan siap untuk digunakan kembali layaknya iPhone yang baru.

Kalo bisa restore data yang sudah di-backup di iCloud atau iTunes, namun semua pengaturan sebelum reset tidak bisa direstore, jadi kamu harus setting ulang lagi.

Karena iPhone adalah ponsel kelas atas dengan tingkat keamanan yang ketat. Kalo kamu lupa kode masuk, hard reset merupakan satu-satunya solusi yang bisa kamu lakukan.

Jadi kalo kamu gampang lupa, silakan pakai fitur finger print yang tersedia di iPhone 5s dan seri di atasnya. Fitur ini sangat efektif untuk menjaga keamanan data kamu di iPhone tanpa perlu mengingatkode.

Baca juga Review iPhone

iPhone 6: Review Spek dan 4 Fitur Unggulannya

Apakah iPhone 7 Plus: Masih Layak Dibeli Sekarang?

iPhone XS Max (Review Spek, Keunggulan dan Kelemahannya)

iPhone 11 Pro (Review Spek dan 5 Keunggulannya)

Review Spesifikasi iPhone 8 dan Keunggulannya